6 Keuntungan Layanan Telemedicine yang Bisa Kamu Peroleh

Keuntungan layanan telemedicine merupakan teknologi kedokteran yang dapat kamu alami faedahnya. Apa kamu telah menikmatinya? Tehnologi sudah sentuh tiap faktor kehidupan, terhitung di bagian kedokteran. Tidak terhitung berapakah juta jiwa yang ditolong karena perkembangan tehnologi di bagian kedokteran.

Saat dunia telah dalam pegangan tangan, praktek kedokteran kekinian bisa juga dirasa melalui sentuhan jemari. Salah satunya tehnologi di dunia kedokteran yang dapat kamu alami faedahnya ini hari ialah keuntungan service telemedicine, yaitu servis kesehatan yang diberi paramedis secara jarak jauh atau dokter online.

Lewat program service telemedicine, kamu dapat konsultasi sama dokter atau paramedis yang lain, selanjutnya paramedis dapat mendiagnosa, mereferensikan obat, dan memberi anjuran perawatan untuk pasien lewat video call atau video konferensi. Dengan service telemedicine, kamu dapat memperoleh service kesehatan dari ujung jemari segampang berbelanja online atau pesan taksi. Semenjak limitasi sosial bertaraf besar karena wabah virus corona, service telemedicine berkembang cepat. Walau sebetulnya, World Health Organization (WHO) mulai menggiatkan service telemedicine semenjak tahun 2010.

Sekarang, dengan kewajiban menjaga jarak, program dokter online jadi praktek kedokteran yang memberi banyak faedah. Tak perlu keluar dari rumah, seorang dokter dapat manfaatkan service telemedicine untuk menganalisis sampai mengobati pasien yang sakit. Selain tetap memperhatikan jaga jarak, berikut beberapa keuntungan layanan telemedicine yang dapat kamu peroleh, di antaranya:

1. Mempermudah pemerataan info kesehatan lewat layanan telemedicine

Sebagai negara berkembang dalam jumlah warga yang besar dan menyebar di beberapa ribu kepulauan, servis kesehatan di Indonesia sejauh ini belum rata. Apa lagi jumlah tenaga medis terbatas. Tidak boleh bingung, jika kamu masih dengar informasi, orang yang telanjur sakit kronis harus tempuh perjalanan panjang beberapa jam untuk memperoleh service di klinik kesehatan.

Sekarang dengan service telemedicine, pemerataan info kesehatan dapat berjalan bisa lebih cepat. Asal ada koneksi internet dan telephone pandai, tiap orang dapat memperoleh info kesehatan, servis kesehatan, obat, penyakit dan lain-lain, hingga warga dapat awal lakukan penangkalan atau memperoleh penyembuhan penyakit yang dialami.

2. Meningkatkan layanan kesehatan di klinik dan puskesmas

Paramedis di klinik dan puskesmas umumnya cuma terbagi dalam dokter umum, dokter gigi, dan bidan. Walau sebenarnya, pasien dengan penyakit tertentu memerlukan diskusi atau diagnosis dari dokter khusus yang sekarang ini umumnya ada di rumah sakit besar. Selainnya harus ribet bawa pasien ke rumah sakit besar, tentu saja ada ongkos tambahan dan perlu waktu kembali untuk berbaris. Dengan service telemedicine, klinik dan puskesmas berpeluang mendatangkan servis dokter khusus lewat cara online. Pasien juga dapat memperoleh instruksi langsung dari dokter khusus bisa lebih cepat.

3. Mempercepat akses pasien ke rumah sakit rujukan

Lewat layanan telemedicine, dokter langsung bisa arahkan pasien harus dibawa ke rumah sakit referensi mana. Pasien dan keluarga tidak perlu repot ke klinik cuma untuk cari referensi. Cukup akses smartphone, dokter di program telemedicine akan arahkan rumah sakit yang mana pas untuk menjaga pasien itu.

Di beberapa kota besar seperti Jakarta, memang ada beberapa rumah sakit. Tetapi tiap rumah sakit punyai sarana dan perlengkapan yang berbeda. Ada rumah sakit yang khusus untuk kanker dan jantung, ada rumah sakit untuk pernapasan. Telemedicine dapat arahkan dengan cepat dan pas, mana rumah sakit yang cocok untuk pasien dengan penyakit tertentu.

4. Pemantauan penyakit akut lebih akurat

Biasanya dokter memantau kondisi pasien penyakit kronis seperti diabetes melitus, hipertensi, kanker cuma saat pasien bertandang. Walau lawatan itu telah direncanakan, tetapi umumnya cuma dalam masa tertentu seperti satu minggu sekali atau satu bulan sekali.

Dengan service telemedicine, dokter dapat mengawasi perubahan pasien penyakit akut tiap hari. Pemantuan keadaan pasien tak perlu bertatap muka, tetapi pasien dapat mengirim beberapa datanya ke program telemedicine yang disetujui bersama. Pemantuan yang lebih intens tiap hari diharap bisa memberi penyembuhan dan pengaturan penyakit yang lebih efisien dibanding dengan satu minggu sekali atau yang cuma 1x dalam satu bulan.

Simak Juga : konsultasi dokter

5. Mengurangi penumpukan antrean pasien di rumah sakit / klinik kesehatan

Antrean orang berobat di klinik atau rumah sakit sudah menjadi pemandangan biasa sejauh ini. Ada yang telah sakit kronis, banyak juga yang cuma sakit enteng. Semua bergabung pada sebuah titik untuk berjumpa paramedis. Service telemedicine dapat kurangi penimbunan barisan pasien. Dengan service telemedicine, dokter langsung bisa menyortir mana pasien yang penting dibawa ke rumah sakit dan yang cukup di dalam rumah.

6. Mencegah pasien stres

Mengantre dokter di rumah sakit bisa membutuhkan waktu yang lama dan tentu membosankan.menjengkelkan. Apa lagi bila dokter itu telah populer, beberapa pasien yang ingin berobat padanya. Orang normal saja dapat depresi saat menanti barisan, apa lagi yang sakit.

Dengan program dokter online, dokter dan pasien dapat membuat agenda penyembuhan lebih tepat. Apa lagi apabila sudah ada penyeleksian awalnya, pasti barisan pada tempat berobat dapat dikurangkan dan keadaan pasien tidak ketekan karena depresi.

Ilmu dan pengetahuan dan tehnologi dibuat untuk mempermudah manusia, untuk memudahkan tugas, untuk mengobati yang sakit. Tetapi, kesehatan memang mahal harga. Apa lagi makin hebat penyembuhan, ongkosnya umumnya makin mahal. Apa kamu siap memikul beban ongkos kesehatan yang makin mahal?

Oleh karena itu, saat sebelum bencana itu tiba, siapkan pelindungan. Peribahasa berbicara, tidak boleh berperang di medan perang dengan tangan kosong. Jangan dibiarkan kamu dan keluarga tercinta jalani liku-liku kehidupan tanpa pelindungan. Bila kamu ingin membuat perlindungan diri kamu atau keluarga dari resiko keruntuhan keuangan karena kematian, waktunya punyai Medicare Premier dari Astra Life.